Friday, July 15, 2011

cara memulai bisnis clothing distro

Sebelumnya mohon maaf, tip dan trik ini hanya sekedar tulisan ringan saya, barangkali mengganggu dan kurang bermanfaat silahkan dilewatkan saja. Modal pertama jika mau membuat sebuah usaha clothing seperti produk2 dari distro di Bandung yang terkenal itu. Modalnya cuma kemauan dan semangat oh iya jangan ketinggalan jiwa entrepreneur, ga usah minder kalo ga bisa design, ga usah minder kalo ga bisa nyablon, apalagi minder karena ga bisa jahit. Kalo ga punya modal gimana? Tenang2 ga usah panik,hehe..kamu-kamu ga usah punya modal besar buat beli mesin konveksi, alat2 sablon plus mesin press nya yang harganya lumayan mahal. Ok2 kalo modal ga usah dipikirin dulu, sekarang saya coba sebutin apa2 saja yang dibutuhin buat bikin usaha ini.
  1. Pikirin IDE dasarnya dulu, ini penting banget. Kaos seperti apa yang pengen kita bikin. Tema atau Topik, Karakter dan target market yang mo di bidik (waduh kaya sniper aja maen bidik!) Kalo asal-asal kaos dijamin deh ga bakal bertahan lama dan kalah sama pemodal2 besar.
  2. Bikin Brand, ini langkah kedua harus ditempuh, untuk hal ini jangan dengerin Shakepeare, biarin dia ngomong “apalah arti sebuah merk eh nama”. Banyak untungnya produk kita ber-merk, merk membuat produk kita beda, merk membuat produk kita unik, merk membuat produk kita tidak menjadi komoditas (aduh jangan sampe deh produk kita jadi komoditas, karena nantinya kita harus bersaing disisi harga. Ujung2nya kalah deh sama pemodal raksasa). Untuk mendalami merk, saya merekomendasikan bukunya mas Ippho Santosa yang berjudul HOT BRANDING.
  3. Nah kalo udah dapet idenya, bikin TIM. Disini nih EQ (Entrepreneur Question) kita diuji. Pertama cari yang jago design (Utamain Bisa Corel Draw dan Adobe Photoshop), Designer ini nantinya yang bikin kaos Temen2 punya kharakter sendiri, harus beda dan unik tentunya. Jadi si designer ini harus ngerti banget ide dasar yang udah temen2 tentuin di point pertama. Sebagai percobaan minta dibuatin beberapa design, mulai dari Brand, logo sampe design kaosnya.
  4. Sekarang langkah keempat, masih dibagian pembentukan TIM, cari penjahit sama toekang sablon, cari yang berpengalaman dan udah jago supaya produk kita berkualitas tinggi. Kalo udah dapet baru beli mesin jahit konveksi sama alat2 sablon. Untuk mesin jahit kaos minimalnya kita harus punya, mesin potong kain, mesin jahit high speed, mesin obras, dan mesin overdeck lebih bagus lagi punya mesin jahit rantai dan setrika uap. Nah kalo peralatan sablon antara lain mesin, Screen, Rakel, Meja sablon plus Meja pembuatan Film, hot press, Pasta, Pewarna, Obat emulsi, Obat pembersih dll…
  5. Waduh2…kalo mulai bingung kita bisa melewatkan point 4 yang sarat modal. Wuasyik berarti bisa ga modal dong, Hush…mana ada usaha ga modal sama sekali. Ga perlu pusing proses produksi plus modal produksinya. Banyak kok yang nyediain jasa makloon produksi, dari mulai jasa makloon jahit sampe jasa makloon sablon. Nah tinggal bagaimana temen2 jeli mencarinya. Hehe..
  6. tinggal sekarang nyiapin peralatan tempur, oops peralatan produk clothing temen2
  • Kain. Banyak sekali Jenis kain untuk t-shirt dari mulai Higet (biasanya untuk kaos partai), PE dan TC (Banyak mengandung bahan polister, jadi agak panas), Katun combat, Katun Kardet, Double Nit, Single Nit, Lacoste dll. Nah kalo standar kaos-kaos distro pake katun Combat (kualitas terbaik). Masalah harga tinggal tanya sama toko2 penjual kain kaos (ya iyalah..) rata-rata harga katun kombat Rp. 45.000-Rp 60.000 / kg. yang paling murah warna putih dan hitam yang paling mahal. 1 Kg bisa di buat menja di 3,2 kaos dewasa laki-laki lengan pendek, kalo panjang paling jadi 1,5 kaos. Oh iya jangan lupa beli rib, rib itu kerah buat di kaos oblong. Rib juga ada yang katun ada yang PE. Kalo mau bikin kaos berkerah (wangki) beda lagi bukan pake rib, tetapi pakenya kain kaos juga yang dibentuk kerah.
  • Label ini biasanya ada di leher kaos bagian belakang dalem, label fungsinya sebagai identitas produk kita, karena memuat logo, ukuran dan merk produk. Harganya murah Cuma Rp 700- 1500 /pcs tergantung warna, ukuran dan design, tapi jangan seneng dulu, harganya memang murah tetapi minimal pesanan harus banyak biasanya minimal 500 lusin. Nah lo….
  • Tag . Tag dipakai untuk aksesoris brand kaos yang memuat info produk seperti harga, kode, ukuran, sama identitas produk atau bisa juga contact person produsen . Tag biasanya dibuat dari kertas atau plastik dengan sistem cetak atau sablon. Kalo mau dicetak harus buat banyak. Untuk memasang tag ini memakai tag gun bersama tag pin. Harga tag gun sekitar Rp 50.000 dan tag pin sekitar Rp.25.000 sudah dapet 1 kardus.
  • Kemasan. Kemasan ini sebagai pemanis dari produk bisa dibuat dari plastik, box atau kain. Lebih baik lagi pada kemasan ini terdapat identitas produk.
Nah sekarang kalau sudah jadi jangan lupa kirimin saya satu, hehe…tugas terberat adalah masarin produk. Disini EQ (entrepreneur Questions) sangat dibutuhkan.
Okeh…tip & trik nya segitu dulu…cape nulisnya, hehe…kalo masih bingung silahkan ajukan pertanyaan. Insya allah di jawab. Oh iya tip & trik ini Cuma buat pemula yang belum pernah sama sekali terjun kebisnis kaos. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
LEARN BUSSINES, FOR BETTER LIFE
Wassalam,

30 komentar:

makasih banyak gan atas sarannya,ane mau mulai bisnis ini nih gan

cakepp.. :D trus kalo buat label itu dimana? Di tukang bordir kah?

wahh info manteb nih :D

ane lagi memulai bisnis ini nih gan
tp modal ane sdikit ,, jd nya ane kaos nya pesen langsung jadi :(

@sepatu kerja : sip gan
@deni : thanks ya dah mampir :D
@bema : label banyak kok ... coba search aja di kaskus ...
@give you : gpp gan terus berkarya jangan menyerah :D semua berawal dari yg kecil kecil dulu kok :D

1 lagi mas bos...?
biaya untuk mendirikan storenya...? butuh berapa duit hhe

1 lagi mas bos...?
biaya untuk mendirikan storenya...? butuh berapa duit hhe

cara mendirikan store2 kira2 butuh berapa duit
coz interior store juga perlu tuh kayanya gan

kira2 total modal ny brapa y gan??

kira kira bajed yg harus d kluari tu sktr brapa gan,,,,

Wah.... Bagus nih Gan.
kami juga menawarka Reseller Distro lho.. untungnya Lumayan
Kunjungi Dream Of Me Cloth

keren..
baru kepikirian mau buat kaos..
itu harga yg diceritakan diatas,
itu harga dimana ya ..??
harga di tiap daerah kan beda@ ya .. :))
oiya.. kira2 dalam 1 kaos itu HPP nya berapa ya ..??

mampir ke www.makangamakan.blogspot.com

Mohon info untuk cek tema atau model atau dsain yg up to date u usaha ini dimana ya?

@KRISNA N2N + @Adhe Mario :) + @kavi + tergantung buget aja ... jangan di paksakan mas gan :D

@ dewa prasada : rata rata mas gan... hpp nya beda2 tiap daerah mas... tp kalo kota besar biasanya lebih murah harganya :)

@aku wanita ... kalo mau cari ide2 bisa ke deviantart.com disana bagus2 buat cari inspirasi :)

MANTAP GAN... AYE JUGA MAU JALAN NEH... BOLEH MINTA CONTACT PERSON... MAU NAJAR KALO JADI BAKAL ADA KIRIMAN KAOS DARI KITA...AMIN :)

Kalau kita jahitnya di konveksi orang lain , apakah kita berhak memakai label sendiri ?
:)

@dedy maulana
boleh :) di profil ak saja ya
semoga lancar usaha nya
@anonymous :
bisa sangat bisa sekali :)

Ane lagi belajar niy gan..thanks berat buat inpohnya..bermanfaat banget..

mampir-mampir yah ke lapak ane..

www.kaosdistrounik.com

Gan, ane mau bikin distro nih modal mah banyak cuma masih bingung bro, klo mau produksi sendiri pasti rumit? Apa gua beli jdi dulu aja? gimana nih bro?

@kaos distro unik...
ok gan :D

@juan valensius :
yup gan kalo masih bingung mending ikutin pasar ja dulu :)

mau tanya nie gan , gw kan udh beli alat2 jhit sendiri,maksudnya mau produksi sndiri.
tpi nyari penjahit yg profesional dmn ya ? susah bgt nih.

@annisa wah kalo masalah penjahit mending di daerah agan aja biar ngirit

thanks infonya semoga bermanfaat

terimakasih atas sarannya sangat bermanfaat bagi saya

gan 1 rol kain kombed 30s bisa jadi berapa potong kaos ukuran L M

gan dari 1 rol kain combed 39s bisa jadi berapa pis kaos ukuran M L

ini baru bagus dan trik yang bener-bener bagus banget

kalo clothingnya pake nama band gimna gan ?
yaahh itung2 promosiin produk sklian promosiin band kami..heheee
boleh gak ?

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More